Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin

NGURUS STNK HILANG

Dua bulan yang lalu saya kehilangan dompet yang isinya termasuk STNK di dalamnya, untuk itu beberapa hari yang lalu saya harus mengurus agar mendapatkan STNK yang baru. Memang di awal kehilangan itu, saya langsung mengurus Surat Kehilangan di kantor polisi terdekat dari rumah, untuk kenyamanan saya ketika berkendara dan tentunya untuk mengurus kembali surat-surat penting yang ikut hilang, seperti KTP, ATM dan juga SIM.

Dengan beberapa pertimbangan yang antara lain menunggu keberuntungan dengan adanya orang yang mengembalikan dompet dan surat-surat di dalamnya sekaligus mencari informasi tata cara mengurus surat-surat tersebut, maka saya memutuskan untuk menunda pengurusan surat-surat tersebut, kecuali ATM. Tetapi permasalahannya, informasi tentang pengurusan STNK yang saya dapat sangat beragam. Ada yang bilang tinggal datang ke samsat nanti langsung diberi STNK duplikat, ada yang bilang harus minta surat berita kehilangan ke koran dan radio dengan biaya sampai Rp. 800.000,-.  Nah karena pengalaman saya ini, maka dalam tulisan ini saya akan bercerita tentang proses pengurusan STNK yang saya lakukan kemaren, agar agan-agan semua punya referensi.

Pertama, saya datang ke kantor Samsat bermodalkan Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisian 
yang sudah saya buat, dan Foto Copy BPKB, KK, serta FC KTP. Setelah sampai kantor Samsat dan ke loket pendaftaran, saya diberi tahu oleh petugas bahwa harus mencari Surat Berita Kehilangan dari radio dan koran. Dengan segera saya mencari surat yang dibutuhkan. Setelah dapat, saya kembali lagi ke kantor samsat. Setelah itu saya disuruh menebus formulir permohonan dengan harga Rp. 100.000,- dan segera diisi untuk selanjutnya dibawa ke parkiran untuk gesek nomor rangka dan nomor mesin. Di parkiran Samsat di kota saya, kebetulan ada petugas yang menawarkan jasa gosok kedua nomor tersebut dengan uang jasa Rp. 10.000,-. Setelah itu formulir dibawa ke loket lain yang sudah ditentukan (di samsat tempat saya mengurus, dinamakan Loket dua) untuk pereiksaan kelengkapan berkas. Di loket itu, setelah memasukkan berkas beserta formulir yang sudah diisi, saya harus nunggu beberapa waktu. Setelah kurang lebih 5 menit, petus memanggil nama saya dan beliau bilang, berkas sudah lengkap tinggal dilengkapi dengan pas foto motor dari depan, lalu minta Salinan nomor STNK di kantor sebelah. Ya sudah terpaksa.. saya harus keluar lagi untuk mengambil foto motor saya dengan HP, kemudian pergi mencari tempat untuk cetak foto tersebut ukuran 3R. selanjutnya ke kantor sebelah untuk mengurus nomor yang dimaksud. Ternyata nomor yang dimaksud adalah copian nomor STNK dari arsip Samsat dengan stempel duplikat.

Setelah berkas lengkap, kemudian diserahkan lagi ke tempat pendaftaran. Setelah itu menunggu lagi untuk dipanggil. Nah di sesi ini, waktu menunggunya lumayan lama. Sepertinya samsat membedakan antrian dengan dua kategori pengurusan, yaitu perpanjangan STNK tahunan dan perpanjangan STNK 5 tahunan/ pengurusan STNK baru. Setelah sekitar 40 menit nama saya baru dipanggil petugas, dan disampaikan bahwa tidak ada lagi yang perlu dibayar, tinggal nunggu pemanggilan pengambilan STNK. 5 menit kemudian nama saya dipanggi oleh petugas dari loket lain, dan yup! STNK saya sudah jadi, dengan stample duplikat. Di lembar sebaliknya tertera biaya Rp. 100.000,-

Jadi buat kalian, buat jaga-jaga, selalu foto copy surat-surat penting seperti KTP, STNK, BPKB ataupun SIM guna berjaga-jaga apabila sedang diuji musibah kehilangan seperti saya. Dengan demikian kita akan lebih mudah dalam mengurus kembali surat-surat yang hilang.

Kesimpulannya jika kita mau mengurus STNK yang hilang, maka prosesnya adalah sebagai berikut ;
  1. Urus surat kehilangan di kantor kepolisian terdekat (minta rangkap 4/ fotocopy)    : gratis
  2. Cari fotocopy STNK yang hilang
  3. Bawa KTP asli dan fotocopynya
  4. Fotocopy BPKB
  5. Cetak foto ukuran 3R motor (yang STNK-nya hilang) dari depan
  6. Mencari surat berita kehilangan di koran dan radio. kalau di daerah sekitar Mataram bisa ke kantor Lombok Pos, di sana langsung ada koran dan radionya. Minta sendiri-sendiri ya.. kemarin saya per berita masing-masing Rp. 30.000 jadi total                                                                                         : Rp.   60.000,-
  7. Formulir permohonan di loket pendaftaran dengan biaya    : Rp. 100.000,-
  8. Jasa gesek nomor rangka dan nomor mesin                            : Rp.   10.000,-          
                              TOTAL BIAYA                             :Rp. 170.000,-

Semoga bermanfaat
NGURUS STNK HILANG NGURUS STNK HILANG Reviewed by hangathangatkuku on Januari 06, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
pendiam yang pingin bisa cerita banyak. sederhana yang pingin banyak memberi.

My Instagram